Beranda > Android Development > Memulai Android Apps Development – part I

Memulai Android Apps Development – part I

Google Android tidak dipungkiri lagi sekarang telah menjadi platform smartphone dengan perkembangan paling pesat dibanding platform lainnya. Pada bulain Mei 2011 ini, Android Market yang menjadi online software store bagi aplikasi untuk platform Android, telah mencatatkan sebanyak 294.000 aplikasi baik gratis maupun berbayar, dengan total download sebanyak 3 miliar kali.

Demikian besarnya potensi pasar aplikasi untuk handphone pintar berbasis sistem operasi Android, terasa hingga ke kalangan penggila gadget tanah air. Forum-forum online hingga blog banyak mengulas keampuhan dan kecanggihan handphone berplatform Android yang lihai melakukan banyak hal. Kompetisi-kompetisi pemrograman aplikasi Android mulai bermunculan, di antaranya adalah TIS Competition yang dihelat oleh Telesindo Group bekerja sama dengan Telkomsel.

Untuk itu, sudah sepantasnya jika RPLCoders juga tidak ketinggalan untuk memulai coding aplikasi Android pertamanya. Semua hal pasti ada awalannya bukan ? Nah, kesulitan yang sering dihadapi oleh programmer pemula biasanya adalah ritual sebelum mulai membuat program, kurang lebih sama seperti saat Anda akan memulai belajar pemrograman web dengan PHP dan MySQL di mana Anda harus mempersiapkan server platrformnya terlebih dahulu.

Untuk memulai pemrograman aplikasi berbasis platform android, dalam hal ini diasumsikan Anda menggunakan sistem operasi Windows, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Aplikasi Android berbasis Java. Maka yang perlu Anda persiapkan pertama kali adalah Java SDK (Software Development Kit), yang bisa Anda download dari http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html . Pastikan Anda memilih JDK, bukan JRE.
  2. Berikutnya, Anda perlu mendownload Android SDK dari http://developer.android.com/sdk/index.html . Pada saat artikel ini dirilis, Android SDK Tools terbaru pada link tersebut adalah rilis 11, dan penulis memilih http://dl.google.com/android/installer_r11-windows.exe , yaitu versi yang berupa installer dengan kemudahan wizard untuk langkah-langkah awal.
     


    Jangan panik jika installer menyatakan tidak menemukan JDK. Cukup klik Back, lalu klik Next, maka tampilan akan berubah menjadi :


    Klik Next.


    Pada saat menentukan Destination Folder, saya sarankan agar Anda menggunakan drive selain C, atau tempat di mana Sistem Operasi Anda berada. Pada contoh ini, saya gunakan d:\android-sdk. Ikuti langkah yang ada hingga ada tampilan berikut, lalu klik Finish.

  3. Langkah berikutnya membutuhkan koneksi internet yang memadai untuk mendownload berbagai kelengkapan yang diperlukan, termasuk di antaranya adalah system images untuk keperluan simulasi aplikasi (tanpa mengharuskan Anda merogoh kocek untuk membeli smartphone Android betulan tentunya :)), beberapa library tambahan, sampel aplikasi sederhana, dan sebagainya.
    Terlihat bahwa paket-paket yang akan didownload dan diinstall tersedia untuk berbagai versi OS Android, mulai 1.5 hingga 3.1. Anda juga bisa mendownload secara selektif dengan menghilangkan centang pada komponen yang tidak Anda butuhkan untuk didownload. Klik Install, lalu tunggu semuanya selesai didownload dan terinstall. Berhubung koneksi internet di Indonesia masih belum dependable, ada baiknya sambil menunggu Anda selesai mendownload paket-paket tersebut part I kita akhiri dulu, dan tutorial ini akan dilanjutkan pada part II. Selamat mencoba !

Comments

comments

  1. bagus
    24/05/2011 pada 15:58 | #1
    via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 4.0 pada Windows Windows XP

    mantap pak,, tambah terus pak artikelnya yang android pak

  2. yusuf eka
    20/07/2011 pada 10:49 | #2
    via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 4.0 pada Windows Windows 7

    yang part2 kok gak ada pak?

  3. 20/07/2011 pada 10:50 | #3
    via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.19 pada Windows Windows XP

    pak part 2 ne mna?

  4. dan
    28/05/2012 pada 11:08 | #4
    via Mozilla Firefox Mozilla Firefox 5.0 pada Windows Windows XP

    semakin berkembang aja pemrograman sekarang

  1. Belum ada tautan balik

%d blogger menyukai ini: